Bimtek Strategi Serta Sistem Penyusunan Neraca Awal dan Akhir Pemerintah Daerah

Bimtek Strategi serta Sistem Penyusunan Neraca Awal dan Akhir – Pada dasarnya, Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah merupakan rutinitas kegiatan tahunan SKPD. Kemudian, Pertanggungjawaban pada setiap anggaran yang telah di terima wajib di tetapkan dalam dokumen pelaksanaan anggaran tersebut. Selanjutnya, Tujuan dari pelaksanaan laporan itu adalah untuk mengetahui berapa banyak anggaran yang sudah terealisasi.

Langkah-langkah yang harus di tempuh dalam menyusun laporan keuangan SKPD adalah, pertama-tama masukkan saldo awal terlebih dahulu. Maka, Hal itu di lakukan untuk mulai membuat laporan neraca dan LRA atau laporan realisasi anggaran. Kemudian masukkan setiap transaksi keuangan pada tahun berjalan, lalu membuat koreksi atau penyesuaiannya.

Bimtek Strategi Serta Sistem Penyusunan Neraca Awal dan Akhir

Neraca adalah salah satu bagian dari laporan keuangan di dalam perusahaan atau bisnis yang telah di hasilkan di suatu periode akuntansi. Posisi pada keuangan di suatu perusahaan atau entitas bisnis, dapat menjadi dasar dalam menghasilkan suatu keputusan tentang bisnis tersebut, di akhir periode akuntansi.

Sehubungan dalam rangka meningkatkan pemahaman dalam penyusunan neraca awal dan neraca akhir menurut standar akuntansi pemerintahan. Dengan ini kami akan menyelenggarakan Pelatihan seminar/ bimtek dengan temaStrategi serta Sistem Penyusunan Neraca Awal dan Akhir Pemerintah Daerah”. Yang akan di laksanakan pada:

Info Jadwal Bimtek Dan Diklat Nasional


Berikut adalah info lengkap mengenai jadwal pelatihan bimtek/diklat silahkan pilih tempat dan waktunya atau jika ada saran untuk jadwal dan lokasi silahkan hubungi kami untuk di diskusikan.

Jadwal Bimtek dan Diklat

Info Bimtek Dan Diklat Nasional Pusdiklat Pemendagri
Kegiatan ini diselenggarakan secara swadana yang dibebankan ke masing-masing peserta / SKPD dengan Biaya sebesar :
1. Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Menginap)
2. Rp. 3.500.000,- (Tiga juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta (Tidak Menginap)

Pelatihan Online Via Zoom Meeting dengan Biaya sebesar :
Rp. 2.500.000.- (Dua juta lima ratus ribu rupiah) / Peserta

Perlengkapan Fasilitas Peserta Yang Akan di Dapatkan
  • Pelatihan selama 2 hari / Materi dibahas sampai selesai
  • Peserta Menginap (Twin Shering)
  • Seminar Kit, Makalah Pelatihan serta Tas Ekslusif
  • Coffee Break, Lunch dan Dinner (Selama Kegiatan Berlangsung)
  • Sertifikat pelatihan
  • Konfirmasi Pendaftaran Peserta Selambat - Lambatnya H-3

    Catatan dan Promo
  • Jemput di Bandara Peserta Group Minimal 5 Orang (Peserta Wajib Konfirmasi)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku
  • Request Peserta Diluar Jadwal/Materi Yg Tidak Tercantum di Website, Minimal 8 Peserta
  • Pembayaran Secara Langsung Ditempat Kegiatan
  • Daftarkan Segera, Tempat Terbatas

    Konfirmasi Pendaftaran



  • Bimtek Strategi Serta Sistem Penyusunan Neraca Awal dan Akhir

    Sedangkan neraca awal merupakan titik tolak dalam membuat catatan transaksi akuntansi di awal, untuk periode berikutnya. Di samping itu, neraca awal ini hanya di buat sekali saja pada saat entitas pemerintah pertama kali menyusun neraca. Sedangkan buletin teknis adalah suatu informasi yang telah di terbitkan oleh KSAP dalam memberikan arahan dalam waktu yang tepat.

    Tujuan dari bimbingan teknis ini adalah untuk mengatasi setiap masalah baik dalam hal akuntansi maupun dalam hal pelaporan yang muncul. Buletin teknis ini di susun sebagai suatu panduan untuk menyusun neraca awal, dengan acuan standar akuntansi yang ada.

    Pertanggungjawaban pelaksanaan dari anggaran yang berupa laporan keuangan meliputi :

    1. Laporan mengenai realisasi APBN atau APBD.
    2. Neraca
    3. Laporan tentang arus kas.
    4. Catatan atas sebuah laporan keuangan.

    Bimtek Strategi Serta Sistem Penyusunan Neraca Awal dan Akhir

    Kemudian laporan keuangan itu harus di susun serta di sajikan dengan standar akuntansi yang ada, sama halnya dengan pelaksanaan penyusunan neraca awal dan akhir pemerintah daerah. Pemerintah daerah wajib membuat laporan keuangan karena sebagai bentuk tanggung jawab kepada APBD.

    Segala macam laporan keuangan yang berupa neraca, laporan realisasi anggaran, laporan aliran kas, serta catatan laporan keuangan lainnya berfungsi sebagai gambaran atau informasi mengenai laporan keuangan pemerintah daerah dalam 1 periode. Kemudian, Neraca akan memperlihatkan posisi keuangan di saat-saat tertentu.

    Laporan arus kas akan memperlihatkan setiap arus kas yang masuk dan keluar dalam 1 periode, laporan realisasi anggaran akan memperlihatkan segala macam pengeluaran dan penerimaan di 1 periode, dan catatan pada laporan keuangan akan menjelaskan ketiga laporan tersebut secara detail di tambah dengan informasi lainnya yang berkaitan dengan keuangan.

    Jika ada pertanyaan mengenai Info Keuangan. Silahkan langsung saja hubungi kami dari nomor yang tertera di atas atau silahkan tinggalkan komen.

    Untuk Info Bimtek Keuangan dengan materi lainnya yang lebih lengkap, dapat di lihat pada kategori Bimtek Keuangan.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *